Bisnis Sampingan Mahasiswa Tanpa Modal

Updated: May 4

Bisnis Sampingan Mahasiswa Tanpa Modal - Uang saku Anda untuk membeli keperluan kuliah kurang? Atau mungkin Anda ingin nongkrong tapi duit terbatas? Tidak perlu khawatir.

Sekarang ini, sudah banyak bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal yang bisa membantu keuangan Anda sebagai mahasiswa tanpa perlu merepotkan orang tua. Keterbatasan modal juga bukan masalah karena bisnis sampingan yang akan diulas berikut tidak akan membuat kantong Anda kering sebelum meraih keuntungan.


Simak saja penjelasan dalam artikel berikut mengenai apa saja bisnis yang mudah dijalankan ini dan bisa memberi penghasilan.


Bisnis Bimbingan Belajar Jika Anda perhatikan lebih luas, sebenarnya banyak sekali mahasiswa lain yang memerlukan bantuan untuk mempelajari suatu mata kuliah di mana mereka merasa kesulitan. Inilah kesempatan dimana Anda bisa mencari peluang memulai bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal.

Bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal ini bisa Anda lakukan sendiri maupun berkelompok bersama orang yang kompeten di bidang itu. Anda juga tidak perlu stuck pada bidang akademis. Di bidang non akademis seperti bermain alat musik, berenang, atau belajar mengemudi juga bisa Anda pertimbangkan.


Jasa Servis Laptop/Komputer Apabila mengutak-atik alat elektronik seperti gadget, laptop dan komputer adalah salah satu keahlian Anda, jadikanlah itu salah satu bisnis Anda untuk tambahan uang saku.


Mahasiswa tidak lepas dari laptop untuk keperluan tugas dan lain-lain, dan bukan tidak mungkin ada masalah yang membuat laptop mereka perlu jasa servis. Promosikanlah jasa Anda ini pada teman-teman satu jurusan, fakultas, bahkan sampai fakultas seberang.


Semakin menyebar dari mulut ke mulut, semakin besar peluang Anda untuk mendapat klien. Sebenarnya tidak pada sesama mahasiswa saja, Anda juga bisa membuka bisnis jasa ini untuk umum. Sehingga keuntungan yang didapat akan menjadi lebih besar.


Jasa Fotografi atau Video Mengabadikan momen berkesan dan tak terlupakan dengan sebaik mungkin adalah impian semua orang, oleh karena itu jasa seorang fotografer dan videografer sangatlah dibutuhkan sekarang ini.


Namun sebelum memulai bisnis sampingan yang satu ini, Anda harus memiliki keahlian dalam bidang fotografi. Tentu saja tidak boleh sembarangan dalam mengambil foto, karena nanti hasil yang buruk bisa mengecewakan klien dan mereka tidak akan menggunakan jasa kita lagi.

Bisnis ini bisa mendatangkan banyak keuntungan jika dilakukan dengan baik dan tekun. Biasanya klien yang umum membutuhkan jasa ini adalah orang yang akan melangsungkan pernikahan, pertunangan (engagement)¸ mahasiswa yang akan wisuda, sampai satu kelas anak SMA yang memerlukan foto yearbook.


Menjual Hobi dan Kemampuan di Internet Jika Anda mempunyai hobi yang bisa “dijual” seperti mendesain, menulis, menerjemahkan, memasukkan data dan lain-lain, Anda bisa mempertimbangkannya sebagai bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal.

Selain tanpa modal, biasanya pekerjaan freelance seperti ini waktunya fleksibel sehingga tidak mengganggu jadwal kuliah Anda atau aktivitas yang lain.


Namun semakin banyak waktu yang Anda luangkan untuk mengerjakan bisnis ini, semakin banyak pundi-pundi uang yang akan mengalir. Lumayan bukan, mengasah bakat sekaligus bekerja?


Menjadi Reseller Sampingan Memanfaatkan internet dan media sosial yang tidak lepas dari kegiatan masyarakat sehari-hari, opsi menjadi seorang reseller sampingan juga menarik untuk dipikirkan. Zaman sekarang, orang malas untuk berbelanja keluar dan lebih menyukai berbelanja secara online tanpa harus susah-susah keluar rumah.



Dengan begitu, menjadi reseller sudah pasti menjadi bisnis yang menguntungkan terutama jika Anda gencar melakukan promosi dan barang yang Anda tawarkan adalah kebutuhan masyarakat.


Misalnya pakaian, makanan, dan kebutuhan pokok lainnya. Di zaman serba simpel, gunakanlah juga cara yang simpel namun menguntungkan.


Demikian bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal yang bisa Anda coba jalankan. Namun, Anda tidak bisa mengharapkan hasil instan. Selalu ada proses sebelum berhasil.

0 views

Customer Care

Tel         +62 8121 3162 221
Fax        (+62-21) 2550 2555
Email     support-account@sampingan.co.id

Our Office

Tempo Scan Tower
32nd Floor Jl. HR. Rasuna Said
Kav. 3-4 Jakarta Selatan 12950

  • LinkedIn - Black Circle
  • YouTube
  • Instagram
google-play-badge_edited.png

© 2020 Sampingan, PT. All Rights Reserved