Kembali ke Blog Utama

  • Kawan Sampingan

Ide Bisnis Sampingan

Updated: May 4

Ide Bisnis Sampingan - Banyak orang tertarik membuka usaha sendiri, namun terkendala dengan modal yang besar. Tak hanya modal saja, pengalaman wirausaha dan manajemen yang kuat membuat orang yang hendak membuka usaha mengurungkan niat.

Risiko bangkrut terkadang membuat nyali menciut juga. Untuk Anda yang ingin membuka usaha tanpa modal yang begitu besar, bisa mencoba ide bisnis sampingan waralaba. Dengan brand besar serta manajamen yang lebih teratur, Anda bisa menekan risiko usaha bangkrut.


Dewasa ini, ada banyak ide bisnis sampingan waralaba yang bisa Anda temukan di pasaran. Misalnya usaha layanan jasa pengiriman barang, laundry, stand makanan dan minuman kekinian, serta masih banyak ide franchise yang lain. Untuk Anda yang tertarik mencoba peluang usaha sampingan berupa waralaba, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.


Pilih bisnis yang sesuai dengan passion

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan tak sekadar nama besar franchisor saja. Sebaiknya Anda tetap memilih ide bisnis sampingan waralaba yang sesuai dengan passion.


Minimal Anda memiliki wawasan dan ketertarikan tersendiri pada bisnis yang dipilih sesuai minat. Misalnya Anda memiliki passion di bidang kuliner, bisa memilih usaha yang berbasis makanan atau minuman.


Mencari lokasi paling strategis

Agar usaha waralaba Anda semakin dikenal masyarakat di sekitar, sebaiknya pilih lokasi yang paling strategis. Anda harus memiliki target pasar yang hendak dibidik sesuai dengan usaha waralaba.


Misalnya Anda membuka stand makanan dan minuman kekinian yang membidik pangsa pasar remaja dan mahasiswa, bisa memilih buka usaha di dekat dengan lokasi sekolah atau kampus.


Menyiapkan modal yang dibutuhkan

Dewasa ini, Anda bisa mencari informasi lengkap mengenai layanan jasa waralaba lewat internet saja. Anda bisa mendapatkan rincian informasi biaya yang dibutuhkan untuk bekerja sama dengan jasa franchisor.


Modal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis waralaba bervariasi. Jika Anda membuka usaha stand minuman kekinian Thai Tea yang telah dikenal masyarakat, biaya yang dibutuhkan sekitar 10-15 juta rupiah.


Hal ini berbeda dengan modal yang dibutuhkan saat tertarik ide bisnis sampingan waralaba laundry yang telah populer. Dana investasi yang dibutuhkan bisa mencapai angka belasan hingga puluhan juta rupiah. Tentu setiap franchisor terkenal memiliki rincian modal yang berbeda-beda.


Mempelajari detail kontrak lebih dulu

Memulai segala sesuatu wajib diperhitungkan secara matang agar Anda tidak menyesal kemudian hari. Ada banyak ide bisnis sampingan yang bisa dijalankan, kenapa Anda harus memilih jasa waralaba?


Jika Anda sudah yakin dengan pertimbangan alasan dan keuntungan yang ditawarkan jasa waralaba, maka kini perhatikan detail kontrak yang ditawarkan. Bagaimana sistem pembayaran royalti yang disepakati?


Bagaimana aturan ketat manajemen keuangan setelah Anda menyetujui kontrak kerja sama? Adakah training meningkatkan SDM karyawan yang diberikan franchisor?


Dengan memiliki beberapa daftar pertanyaan penting yang telah Anda susun, setidaknya Anda bisa meminimalisir risiko merugi saat usaha telah berjalan nanti.



Berdasarkan ulasan di atas, Anda bisa mempertimbangkan ide bisnis sampingan waralaba yang menguntungkan. Asal Anda memilih jasa franchisor yang telah terpercaya, bisnis sampingan waralaba bisa memberikan pendapatan yang sesuai dengan keinginan Anda.


Bagi Anda yang masih ragu hendak membuka bisnis waralaba di daerah, bisa mencoba bisnis sampingan yang tak kalah menguntungkan.


Ya, Anda bisa bergabung bersama reseller sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ide bisnis sampingan yang bisa Anda kerjakan tanpa modal cukup besar, lho! Untuk informasi lebih lanjut mengenai keuntungan menjadi reseller sampingan, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai mitra terbaik sekarang juga!

0 views
Sampingan Logo (3).png

Our Social Media

  • LinkedIn
  • YouTube
  • Facebook

Tempo Scan Tower
32nd Floor Jl. HR. Rasuna Said
Kav. 3-4 Jakarta Selatan 12950

Tel: +62 8121 3162 221

Fax: (+62-21) 2550 2555

Email: support-account@sampingan.co.id

© 2020 Sampingan, PT. All Right Reserved