Jasa Outsourcing

Jasa Outsourcing - Mengenal Outsourcing tentunya akan lebih belajar lagi mengenai sistem, pengertiannya yang berkaitan dengan dunia pekerjaan. Mendengar kata outsourcing sendiri banyak masyarakat yang akan memiliki persepsi bahwa itu merupakan dunia buruh, padahal makna yang ditawarkan sangat luas.

Beberapa perusahaan dibidang manufaktur atau pabrik industri di kota besar menggunakan jasa outsourcing untuk merekrut operator serta buruh untuk bekerja di pabrik.

Apa itu outsourcing?

Namun, disadari bahwa adanya outsourcing ini memiliki pandangan negatif di mata masyarakat karena adanya sebuah tuntutan buruh agar menghapus sistem kinerja dari outsourcing yang sangat memberatkan bagi buruh atau pegawai di pabrik.


Outsourcing adalah penyerahan atau alih daya sebagian pelaksanaan dari pekerjaan oleh perusahaan lalu diberikan kepada perusahaan lainnya dengan melalui perjanjian pemborongan penyediaan jasa atau pekerjaan.


Sebelum memasuki dunia kerja, maka harus mempelajari bagaimana sistem yang ada seperti jasa Outsourcing tersebut. Agar lebih memahaminya lebih sederhananya ini kami berikan sebuah contoh.


Perusahaan sedang membutuhkan banyak buruh, sehingga perusahaan dapat membuka lowongan pekerjaan untuk dipasang iklan bahwa adanya lowongan pekerjaan. Akan tetapi perusahaan tersebut juga harus memiliki materi iklannya sendiri.


Setelah melalui proses iklan, maka seluruh surat lamaran beserta CV calon pekerja sudah masuk dalam tim HRD perusahaan harus menyeleksi dari surat lamaran tersebut dan memprosesnya secara mandiri.


Selain itu, setelah pelamar tersebut terseleksi maupun bekerja maka perusahaan Anda harus melakukan monitoring terhadap para kinerja pekerja. Tentunya, pekerjaan ini akan sangat merepotkan, membuang tenaga, waktu, biaya serta membebani manajerial perusahaan.


Agar mempersingkat waktu serta efisiensi maka perusahaan Anda akan menyewa penyedia jasa outsourcing. Perusahaan akan memberikan informasi mengenai kriteria operator serta membayar jasa Outsourcing tersebut.


Melalui proses outsourcing maka setelahnya adalah pihak jasa yang akan mengiklankan lowongan pekerjaan, menyeleksinya sampai menentukan manajerial pada operator atau pelamar pabrik yang telah melalui berbagai proses seleksi dan bekerja. Tetapi masih banyak yang bingung mengenai sistem pembayarannya dan tunjangannya.


Keuntungan dan Kerugian Jika Menggunakan Jasa Outsourcing

Ada sebagian keuntungan untuk mengenai sistem kerja dari outsourcing ini. pertama adalah perusahaan melakukan outsourcing, dengan cara ini maka perusahaan tersebut bisa lebih fokus pada core-business mereka.


Perusahaan menitikberatkan pada produk serta jasa yang berkualitas tinggi sehingga akan memuaskan keinginan pasar, daripada harus membuang waktu yang terbatas hanya untuk menangani persoalan ketenagakerjaan.


Kedua, jika ada permasalahan mengenai ketenagakerjaan maka masalah tersebut akan dialihkan kepada vendor outsourcing. Selain itu perusahaan bisa melakukan penghematan dari segi biaya serta akan menghapus anggaran dalam berbagai investasi di bidang ketenagakerjaan.


Bukan hanya itu saja, perusahaan juga bisa mengurangi SDM yang dibutuhkan untuk mengenai kegiatan administrasi ketenagakerjaan.


Adanya jasa outsourcing ini maka perusahaan akan bisa mengalihkan sumber daya yang sangat terbatas dari pekerjaan – pekerjaan yang memiliki sifat non-core atau pun tidak ada pengaruhnya langsung terhadap keuntungan serta pendapatan perusahaan kepada pekerjaan yang bersifat strategis core-business yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan, keuntungan serta kepuasan pelanggan.


Selain adanya keuntungan pastinya ada kerugian. Kerugiannya adalah terkadang kurang adanya komitmen, keterlibatan serta dukungan dari pihak manajemen pada pelaksanaan proyek outsourcing.


Jika tak ada dukungan dari perusahaan maka ini bisa diselewengkan secara sembarangan oleh penyedia jasa outsourcing. Penyelewengan yang terjadi biasanya adalah masalah pemotongan gaji, karena biasanya pekerja tidak tahu berapa gaji yang dipotong


Mengenal jasa outsourcing akan lebih menambah pengetahuan mengenai dunia pekerjaan, agar lebih memahami dunia kerja. Apakah Anda sedang membutuhkan informasi mengenai penyedia jasa outsourcing yang kekinian dan praktis? Sampingan solusinya! Hubungi kami via link di bawah ini!



0 views

Customer Care

Tel         +62 8121 3162 221
Fax        (+62-21) 2550 2555
Email     support-account@sampingan.co.id

Our Office

Tempo Scan Tower
32nd Floor Jl. HR. Rasuna Said
Kav. 3-4 Jakarta Selatan 12950

  • LinkedIn - Black Circle
  • YouTube
  • Instagram
google-play-badge_edited.png

© 2020 Sampingan, PT. All Rights Reserved