Kembali ke Blog Utama

  • Kawan Sampingan

Jasa Tenaga Harian Lepas

Jasa Tenaga Harian Lepas - Tenaga Kerja merupakan penduduk di Indonesia yang telah mencapai batas usia kerja. Batas di Indonesia adalah minimum mencapai 10 tahun, tanpa adanya batas usia secara maksimum.

Tenaga kerja di Indonesia saat ini telah mencapai jutaan orang di antara mereka dalam mendapatkan pekerjaan ada yang menggunakan jasa outsourcing serta jasa tenaga harian lepas.

Kelompok tenaga kerja di Indonesia

Berbicara mengenai tenaga kerja maka pastinya tidak akan lepas dengan yang namanya buruh. Buruh ialah mereka yang sudah bekerja untuk usaha perorangan serta diberikan upah kerja secara harian atau pun borongan sesuai dengan oleh kedua belah pihak, baik tulisan maupun lisan. Buruh dikelompokkan menjadi 2 yakni Tenaga Kerja dan Tenaga Kerja Harian Lepas.


Tenaga Kerja Tetap

Tenaga kerja tetap merupakan pekerja yang sudah mempunyai perjanjian kerja dengan perusahaan untuk jangka waktu tidak menentu atau tidak permanent. Atau bisa disebut tenaga kerja tetap ialah pegawai yang telah memperoleh atau menerima penghasilan dalam skala tertentu secara teratur, termasuk juga adalah anggota dewan komisaris ataupun dewan pengawas yang secara rutin ikut andil.


Keduanya ikut andil terhadap pengelolaan kegiatan perusahaan secara langsung, bahkan pegawai yang telah bekerja atas berdasarkan kontrak suatu jangka waktu tertentu sepanjang pegawai yang bersangkutan bisa bekerja secara penuh.


Tenaga Kerja Lepas/ Harian

Tenaga kerja lepas / harian merupakan pegawai yang hanya memperoleh penghasilan ketika pegawai bersangkutan tersebut bekerja berdasarkan jumlah harinya atau jumlah unit yang diselesaikan atau dihasilkan pada suatu jenis pekerjaan yang dimintai oleh pemberi kerja.


Tenaga harian lepas tersebut memperoleh hak mendapatkan gaji yang sesuai dengan kerjaannya atau waktu mereka, tanpa adanya jaminan sosial karena tenaga kerja tersebut merupakan bersifat kontrak jika kontrak selesai maka hubungan pemberi dan pekerja akan juga selesai.


Terlepas dari itu semuanya tentunya setiap pekerjaan akan membuahkan hasil yang maksimal. Banyak orang sekarang ini menggunakan jasa tenaga harian lepas untuk memperoleh pekerjaannya.


Jasa tenaga harian lepas tentunya akan memberikan bantuan terhadap mereka yang benar – benar membutuhkan agar tetap memperoleh pekerjaan. Walaupun ia hanya bersifat kontrak tanpa ada jaminan sosial terpenting mereka bisa menghasilkan uang.


Pemerintah Dapat Memanfaatkan Jasa Tenaga Harian Lepas

Pemerintah saat ini diminta untuk lebih memikirkan jasa tenaga harian lepas dibandingkan memikirkan pegawai negeri sipil. Jika ditelisik lebih dalam lagi bahwa masyrakat saat ini memang memerlukan pelayanan yang baik, jalanan yang bagus, kantor pemerintahan yang baik, adanya taman–aman untuk berekreasi serta adanya kegiatan makanan enak di sepanjang wilayah yang ada di daerahnya masing–masing.


Banyaknya urusan permintaan pelayanan tersebut nyatanya yang memiliki peran yang sangat besar adalah jasa tenaga harian lepas dibandingkan pegawai negeri sipil.


Tanpa disadari mereka sangat memiliki peranan besar dalam pembangunan negeri ini, walaupun gaji mereka tidak sebesar pegawai tetap namun perannya serta jasanya tidak bisa diremehkan.

Misalnya jasa tenaga harian lepas inilah yang membangunan jalanan, membangun gedung–gedung bayangkan jika tanpa adanya mereka akankah kita bisa menikmati segala fasilitas yang ada?


Maka dari itu pemerintah diminta untuk sangat memperhatikan para tenaga harian lepas bahkan jika dimungkinkan lebih bisa dioptimalkan kembali para kerja harian lepas tersebut.

Banyak manfaatnya ketika pemerintah memanfaatkan jasa tenaga harian lepas tersebut, utamanya dapat menekankan biaya APBD, karena pembayaran dari tenaga harian lepas umumnya per kontrak ataupun per proyek yang ditarget untuk diselesaikan.

Itulah tadi sekilas info mengenai tenaga harian lepas yang bisa menambah wawasan Anda. Temukan informasi mengenai jasa tenaga harian lepas yang terpercaya dan berkemampuan sesuai proyek anda di Sampingan!



Sampingan Logo (3).png

Our Social Media

  • LinkedIn
  • YouTube
  • Facebook

Tempo Scan Tower
32nd Floor Jl. HR. Rasuna Said
Kav. 3-4 Jakarta Selatan 12950

Tel: +62 8121 3162 221

Fax: (+62-21) 2550 2555

Email: support-account@sampingan.co.id

© 2020 Sampingan, PT. All Right Reserved