Kerja Paruh Waktu

Updated: Feb 21

Kerja Paruh Waktu - Bagi mahasiswa yang hidup di rantau dan ingin mendapatkan uang saku tambahan, kerja paruh waktu bisa menjadi pilihan tepat. Gaji yang cukup lumayan bisa menjadi tambahan kebutuhan harian di kota besar. Namun, Anda pasti takut mengambil keputusan kerja part time karena khawatir nilai bakal jeblok. Bisa jadi orangtua akan marah kalau nilai Anda mengalami penurunan.

Cara Mengatur Waktu Kuliah dan Kerja Paruh Waktu

Sebenarnya kalau Anda pandai mengatur waktu antara kuliah dan kerja, semua bisa berjalan dengan lancar. Simak tips singkat berikut ini!


Mengatur rencana kegiatan harian

Membuat daftar rencana kegiatan yang hendak Anda lakukan setiap hari sangat membantu dalam mengatur waktu kerja paruh waktu. Sebaiknya Anda meluangkan waktu selama 5 menit saja untuk membuat planning pekerjaan apa yang bakal dilakukan setiap hari, misalnya tugas yang wajib selesai, aktivitas tambahan di kampus hingga masa bekerja tiba.


Tolak ajakan teman yang diluar prioritas

Sebagai mahasiswa yang sibuk kuliah sembari kerja paruh waktu, Anda memang harus memiliki cukup keberanian untuk menolak ajakan teman. Apalagi ajakan untuk bersenang-senang meskipun hanya sebentar saja.


Pasalnya, bersenang-senang bisa membuat daftar rencana yang telah Anda buat berantakan. Anda boleh bersenang-senang atau sekadar nongkrong bareng teman kalau memang tidak ada kegiatan atau memiliki waktu luang.


Mengerjakan tugas kuliah di tempat yang aman

Anda bisa mengerjakan tugas kuliah di mana saja, misalnya kost atau lingkungan kampus. Namun, pastikan Anda memang mengerjakan tugas kuliah di tempat yang bebas gangguan sehingga pekerjaan selesai lebih cepat atau minimal tepat waktu. Ingat Anda adalah seorang pekerja yang wajib mengatur waktu sebaik mungkin.


Hilangkan kebiasaan menunda tugas kuliah

Jika tugas kuliah yang diberikan dosen memiliki tenggang waktu lama, sebaiknya Anda tidak terlena. Cara mengatur waktu antara kuliah dan kerja paruh waktu agar bisa berjalan seimbang adalah menghilangkan kebiasaan buruk menunda pekerjaan.


Anda bisa mulai mencicil mengerjakan tugas tersebut dengan mencari bahan atau bertanya pada teman kalau memang tidak begitu paham pada mata kuliah tersebut.


Memiliki waktu istirahat yang baik

Bagi seorang mahasiswa yang produktif, sebaiknya Anda memiliki jam istirahat yang berkualitas. Hilangkan kebiasaan menghidupkan gadget atau berselancar di dunia maya jelang tidur. Tubuh Anda butuh istirahat lebih maksimal sebab Anda memiliki jadwal kegiatan yang lebih padat dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak kerja paruh waktu.


Jangan lupa untuk mengatur waktu berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Suplemen atau vitamin wajib Anda konsumsi untuk menunjang aktivitas harian yang lebih produktif dengan tubuh yang bugar. Minum air putih yang cukup akan mencegah tubuh Anda dari dehidrasi yang bisa menghilangkan fokus kuliah dan bekerja.



Selain beberapa cara mengatur waktu kuliah dan kerja paruh waktu di atas, Anda juga wajib memilih pekerjaan sampingan yang fleksibel. Memilih pekerjaan yang fleksibel akan membantu Anda fokus pada kuliah.


Jelas tujuan Anda bekerja untuk mendapatkan penghasilan sampingan tanpa mengganggu kuliah Anda, bukan? Jangan sampai Anda terikat dengan pekerjaan sehingga mengabaikan waktu kuliah yang membuat nilai anjlok atau Anda tidak bisa lulus tepat waktu.


Tak ada salahnya bergabung bersama kami menjadi reseller sampingan yang menghasilkan keuntungan signifikan. Waktu kuliah Anda tidak terganggu karena job yang fleksibel atau bisa dikerjakan kapan saja.


Manfaatkan kecanggihan teknologi untuk bergabung menjadi salah satu reseller yang bisa menghasilkan omzet luar biasa. Menjadi mahasiswa produktif jauh lebih bermanfaat, kok. Anda tertarik mencoba peluang kerja paruh waktu yang bisa berikan kesempatan mengaktualisasi diri?

0 views

Customer Care

Tel         +62 8121 3162 221
Fax        (+62-21) 2550 2555
Email     support-account@sampingan.co.id

Our Office

Tempo Scan Tower
32nd Floor Jl. HR. Rasuna Said
Kav. 3-4 Jakarta Selatan 12950

  • LinkedIn - Black Circle
  • YouTube
  • Instagram
google-play-badge_edited.png

© 2020 Sampingan, PT. All Rights Reserved