Kembali ke Blog Utama

  • Kawan Sampingan

Lowongan Kerja Part Time untuk Lulusan SMA

Updated: May 4

Lowongan Kerja Part Time untuk Lulusan SMA - Ada banyak alasan kenapa seseorang memutuskan untuk tidak kuliah dan memilih terjun langsung ke dunia kerja. Ketersediaan lapangan pekerjaan yang terbatas membuat banyak orang berlomba mendapatkan kerja.

Tak heran kalau lulusan SMA sering tersingkir di antara pelamar yang lain. Kenapa, ya? Kalau Anda mencari info lowongan kerja part time untuk lulusan SMA, sebaiknya ketahui cara kerja lulusan SMA agar tidak menganggur berikut ini.


Lowongan Kerja Part Time untuk Lulusan SMA

Ini dia cara kerja bagi Anda lulusan SMA yang bisa Anda ketahui:


Mengetahui perkembangan industri dan wirausaha sejak di bangku SMA

Anak-anak SMA memang lebih ditekankan untuk melanjutkan pendidikan tinggi dibandingkan anak SMA yang lebih fokus pada dunia kerja. Namun, bukan berarti anak SMA tidak bisa bersaing di dunia kerja setelah lulus sekolah.


Supaya menghindari risiko Anda tidak bisa mendapatkan lowongan kerja part time untuk lulusan SMA, sebaiknya pelajari dunia industri dan wirausaha sejak dini. Jika Anda ingin melanjutkan kuliah pun, kerja part time tetap bisa dilakukan secara bersamaan tanpa mengganggu prioritas masing-masing.


Mengasah kompetensi sejak di bangku sekolah

Tak hanya kesulitan mencari info lowongan kerja part time untuk lulusan SMA yang kuliah, lulusan SMA yang fokus mencari pekerjaan full time terkadang masih susah bersaing dengan pelamar lain.


Hal ini dikarenakan kompetensi diri yang tidak berkembang sejak berada di bangku SMA. Bisa jadi Anda hanya terlalu fokus pada pelajaran akademik dan jarang mempraktikkan ilmu seperti anak SMK.


Anda bisa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atau pengembangan diri yang dipilih sesuai bakat minat sejak di SMA. Setidaknya Anda memiliki ilmu materi dan praktik yang bisa dikerjakan langsung sejak sekolah.


Misalnya Anda mengikuti kelas wirausaha, tidak ada salahnya mempraktikkan ilmu yang didapat di dunia nyata secara langsung. Anda bisa menjual pernak-pernik pada teman sekelas, tetangga atau jualan online.


Mengasah kemampuan hard skill dan soft skill

Hard skill dan soft skill merupakan pekerjaan utama yang harus Anda kuasai sejak berada di bangku SMA. Saat Anda memutuskan untuk kuliah, tetapi ingin mendapatkan uang sendiri, lowongan kerja part time untuk lulusan SMA terbuka lebar.


Tentu Anda harus memiliki hard skill dan soft skill yang dibutuhkan penyedia jasa. Hard skill memiliki pengertian keahlian utama yang dibutuhkan perusahaan pada jabatan yang kosong, misalnya menguasai bahasa asing dengan baik, mampu mengoperasikan komputer, keterampilan akuntansi dan perbankan, keahlian di bidang teknologi modern serta berbagai keahlian lain.


Sedangkan soft skill dibutuhkan perusahaan untuk menunjang berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain. Lowongan kerja part time untuk lulusan SMA membutuhkan orang-orang yang memiliki hard skill dan soft skill bagus.


Asah kemampuan Anda sebaik mungkin agar HRD bisa mempertimbangkan lamaran yang Anda ajukan. Bahkan Anda bisa saja mengalahkan pelamar yang memiliki ijasah perguruan tinggi tanpa bekal keahlian yang mumpuni.



3 cara kerja lulusan SMA agar tidak menganggur di atas wajib dipraktikkan sejak Anda duduk di bangku sekolah. Tidak ada jaminan Anda bisa mendapatkan pekerjaan di dunia kerja yang penuh persaingan. Ijasah bisa saja sebagai legalitas semata, kemampuan Anda lebih diutamakan di era digital.


Kalau Anda memutuskan untuk kuliah pun, pekerjaan reseller sampingan bisa dilakukan disela waktu belajar Anda. Anda bisa melakukan pekerjaan lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan.


Untuk Anda yang masih bingung mencari info lowongan kerja part time untuk lulusan SMA, bisa mencoba pekerjaan sampingan sebagai reseller sampingan. Yuk, coba ikuti program reseller sampingan yang bisa memberikan pengalaman dan wawasan baru untuk lulusan SMA yang masih menganggur!

407 views
Sampingan Logo (3).png

Our Social Media

  • LinkedIn
  • YouTube
  • Facebook

Tempo Scan Tower
32nd Floor Jl. HR. Rasuna Said
Kav. 3-4 Jakarta Selatan 12950

Tel: +62 8121 3162 221

Fax: (+62-21) 2550 2555

Email: support-account@sampingan.co.id

© 2020 Sampingan, PT. All Right Reserved