Macam Usaha Sampingan

Updated: May 4

Macam Usaha Sampingan - Usaha sampingan memberi banyak manfaat pada mereka yang menjalaninya. Uang yang diperoleh dari hasil bisnis sampingan tersebut bisa digunakan untuk banyak hal, mulai dari memenuhi kebutuhan sampai menabung untuk digunakan di hari tua nanti.

Oleh karena itu, banyak orang yang mencari macam usaha sampingan yang bisa ia kerjakan mulai sekarang. Sebenarnya ada berbagai macam usaha sampingan yang bisa dilakukan, mulai dari yang mematok modal kecil sampai modal jutaan.


Tapi, hasil yang akan diperoleh nantinya juga akan membuat Anda mensyukuri keputusan untuk menggunakan waktu luang demi memulai bisnis sampingan ini. Di bawah ini adalah berbagai usaha sampingan yang bisa Anda pikirkan.


Bisnis Sampingan Bidang Fashion

Macam usaha sampingan yang pertama ini biasanya digemari oleh remaja perempuan sampai ibu rumah tanggan sekalipun. Bila Anda memulai bisnis ini, Anda hanya perlu membawa katalog produk dan memasarkannya pada rekan-rekan Anda apabila sedang kumpul-kumpul.


Bahkan terkadang salah satu strategi yang dilakukan untuk memasarkan produk adalah menjual produk dengan harga lebih tinggi dari harga asli. Kemudian konsumen bisa membayar secara kredit sehingga biasanya mereka lebih tertarik meskipun harga akhirnya tetap lebih mahal.


Bisnis Di Bidang Entertainment

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat, bisnis yang satu ini akan menjadi peluang yang bagus bagi Anda yang tertarik pada dunia entertainment atau hiburan. Kalau berbicara mengenai bisnis dunia hiburan, tidak hanya bisa menjadi macam usaha sampingan, namun bisa juga menjadi sumber utama penghasilan.


Salah satu contoh bisnis di bidang hiburan yang paling sederhana adalah dengan menangani acara ulang tahun kecil-kecilan, menyediakan acara pada pesta pernikahan, dan semacamnya. Tidak berbeda jauh dengan pekerjaan seorang Event Organizer yang berkecimpung di dunia acara meriah.


Makelar atau Perantara

Menjadi makelar atau perantara selain berpenghasilan lumayan, juga bebas dilakukan di mana saja dan kapan saja. Baik Anda karyawan kantoran, ibu rumah tangga, mahasiswa siapapun bisa melakukannya.


Anda tetap bisa menjalankan usaha sampingan ini tanpa perlu mengganggu aktivitas Anda yang utama. Misalnya Anda bisa jual beli informasi mengenai barang-barang antik, kendaraan seperti sepeda, motor dan mobil, tanah, sampai jual beli rumah.


Namun, untuk menjadi seorang makelar, tentunya Anda membutuhkan kemampuan atau keahlian dalam memasarkan suatu produk atau skill marketing yang mumpuni.


Anda harus bisa menggaet konsumen untuk membeli produk yang Anda pasarkan.

Biasanya, dengan menjadi makelar atau perantara, Anda akan mendapatkan untung kurang lebih 10% dari harga barang yang berhasil dijual.


Menerima Pesanan Kue dan Katering

Sudah sebagian besar orang terlalu sibuk untuk harus membuat makanan sendiri, bahkan sarapan sekalipun. Dengan membuka katering, maka Anda akan memudahkan mereka sekaligus win win solution. Sama-sama untung.


Namun ingatlah untuk memulai usaha ini akan menyita banyak waktu dan tenaga Anda, serta modal membeli bahan makanan yang tidak sedikit. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkannya lebih lagi.



Reseller Sampingan

Kalau Anda tidak ingin usaha sampingan Anda membutuhkan suatu tempat untuk bisa berjalan, maka Anda sebaiknya mencoba untuk menjadi reseller sampingan. Sudah banyak orang yang menjalankan macam usaha sampingan seperti ini dan ternyata untungnya tidak main-main.


Meskipun begitu, Anda tetap memerlukan modal untuk menjalankan usaha ini yaitu sejumlah uang untuk membeli barang yang akan dijual, ponsel dan koneksi internet. Jangan lupa untuk meluangkan waktu guna packing barang yang akan dikirim pada calon pembeli Anda.


Nah, itulah beberapa macam usaha sampingan yang bisa Anda lakukan untuk membantu mencukupi kebutuhan Anda.

0 views

Customer Care

Tel         +62 8121 3162 221
Fax        (+62-21) 2550 2555
Email     support-account@sampingan.co.id

Our Office

Tempo Scan Tower
32nd Floor Jl. HR. Rasuna Said
Kav. 3-4 Jakarta Selatan 12950

  • LinkedIn - Black Circle
  • YouTube
  • Instagram
google-play-badge_edited.png

© 2020 Sampingan, PT. All Rights Reserved