Kembali ke Blog Utama

  • Kawan Sampingan

Jenis Pekerjaan Sampingan yang Cocok Dijalankan Mahasiswa

Updated: Feb 25

Pekerjaan Sampingan - Mahasiswa identik dengan biaya hidup pas-pasan di kota besar apalagi mereka berasal dari daerah. Hidup di perantauan memang tak mudah karena biaya kost, makan, kebutuhan harian hingga hiburan cukup mahal.

Kalau tidak pandai mengelola finansial bulanan, uang saku dari orangtua tentu tidak cukup. Lalu, bagaimana solusi untuk mendapatkan uang tambahan? Sebaiknya Anda mulai langkah awal dengan mencoba pekerjaan sampingan yang cocok dicalonkan mahasiswa.


Berikut rekomendasi jenis pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan:


Freelancer

Banyak mahasiswa tertarik menjadi pekerja paruh waktu yang bisa dikerjakan secara online. Alasan fleksibilitas waktu membuat mahasiswa memilih pekerjaan sampingan ini. Tonjolkan kemampuan Anda yang sesuai dengan kebutuhan para klien, misalnya penerjemah, desain grafis, penulis, dan lain-lain. Bayaran yang diberikan sesuai dengan hasil pengerjaan yang memuaskan klien.


Blogger atau Youtuber

Melakukan pekerjaan sampingan yang sesuai dengan passion, kenapa tidak? Kalau Anda suka menulis, sebaiknya coba saja kemampuan tersebut dengan membuat sebuah blog pribadi. Isi dengan konten positif yang bisa menghasilkan uang dengan program monetisasi blog.


Selain menjadi blogger, Anda yang suka membuat video kreatif bisa menjadi seorang Youtuber. Pendapatan dari Google Adsense dari views atau subscribers jelas memberikan penghasilan yang fantastis. Kreatifitas menjadi kunci sukses yang harus Anda terapkan untuk semua video yang diunggah selain mengikuti tren yang tengah berkembang.


Jasa fotografi

Jasa dokumentasi foto dan video merupakan salah satu pekerjaan sampingan yang layak dicoba mahasiswa. Memanfaatkan waktu senggang kuliah, Anda bisa menawarkan jasa fotografi untuk berbagai keperluan, misalnya pre wedding, pesta pernikahan, kuliner, dan lain-lain.


Manfaatkan kemampuan fotografi Anda dengan membuka layanan jasa dokumentasi ini. Tentu Anda harus menggunakan perangkat yang mendukung seperti kamera DSLR atau mirrorless. Namun, ada banyak ponsel yang memiliki kamera canggih yang bisa menghasilkan foto dan video luar biasa. Asal hasil yang Anda tawarkan optimal dan bagus, kenapa tidak?


Bisnis makanan ringan

Tak hanya bisa bekerja secara fleksibel saja, tidak ada salahnya mempertimbangkan pekerjaan sampingan dengan berbisnis. Pilih bisnis yang bisa dilakukan kapan saja dan tidak mengganggu waktu kuliah. Untuk mahasiswa dengan modal terbatas, bisnis makanan ringan bisa menjadi pilihan, lho!


Anda bisa menjual makanan ringan atau camilan pada teman-teman kuliah. Saat mager di kost, camilan ringan tentu menjadi makanan paling favorit. Anda harus memiliki waktu untuk memberikan layanan delivery order agar konsumen semakin puas dan mempertahankan loyalitas pada usaha ini.


Online shop

Dewasa ini, jual beli digital bukan hal yang asing lagi. Bagi mahasiswa yang ingin menambah penghasilan dengan berjualan, bisa mencoba membuka online shop. Dengan modal kuota dan gadget saja, Anda bisa mendapatkan keuntungan. Caranya cukup menjadi reseller atau dropship produk yang laris manis di pasaran. Misalnya produk fashion, kuliner, elektronik, dan lain-lain.


Tentu Anda harus memiliki banyak pertimbangan sebelum membuka online shop seperti memilih suplier, menentukan fokus jualan, target market, dan lain-lain. Anda harus memiliki strategi pemasaran yang jitu agar bisa bersaing dengan kompetitor yang lain. Banyak orang membuka online shop, namun hanya sedikit yang mampu mempertahankan loyalitas pelanggan.



Beberapa jenis pekerjaan sampingan di atas bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Mencoba usaha sejak usia muda untuk bekal bergabung dunia kerja setelah lulus bisa menjadi pilihan tepat.


Yuk, bergabung bersama kami untuk mendapatkan banyak informasi dan peluang usaha sampingan yang menguntungkan! Reseller sampingan akan membantu Anda meraih sukses dengan usaha tanpa mengganggu pekerjaan utama. Anda tertarik mencoba?

69 views
Sampingan Logo (3).png

Our Social Media

  • LinkedIn
  • YouTube
  • Facebook

Tempo Scan Tower
32nd Floor Jl. HR. Rasuna Said
Kav. 3-4 Jakarta Selatan 12950

Tel: +62 8121 3162 221

Fax: (+62-21) 2550 2555

Email: support-account@sampingan.co.id

© 2020 Sampingan, PT. All Right Reserved