Kembali ke Blog Utama

  • Kawan Sampingan

Penyalur Tenaga Kerja Outsourcing

Penyalur Tenaga Kerja Outsourcing - Jenis tenaga kerja itu banyak sekali. Ada tenaga kerja full-time, ada tenaga kerja kontrak, ada tenaga kerja freelance, dan ada tenaga kerja jenis outsource.

Jenis tenaga kerja yang terakhir ini adalah direkrut oleh pihak ketiga. Dan saat ini telah banyak pula perusahaan yang bergerak sebagai penyalur tenaga kerja outsourcing.


Pada dasarnya adanya jenis tenaga kerja outsourcing memberikan solusi berupa pemenuhan kebutuhan akan SDM (sumber daya manusia) untuk bekerja di bidang teknis. Adapun sistem kerja yang dijalankan dalam perekrutan tenaga kerja outsourcing ini terdapat perbedaan.


Apa arti tenaga kerja outsourcing dan bagaimana sistem kerjanya?

Outsourcing dapat dimaknai sebagai pemanfaatan tenaga kerja untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dan itu dari pihak ketiga. Adapun proses perekrutannya, biasanya perusahaan akan melakukan kerja sama dengan penyalur tenaga kerja outsourcing.


Penyalur tenaga kerja outsourcing merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa serta sebagai penyalur tenaga kerja yang memiliki kemahiran-kemahiran dalam bidang tertentu kepada perusahaan yang memerlukan tenaga mereka.


Setelah melalui tahap perekrutan, maka tenaga kerja outsourcing akan melakukan pekerjaan dengan sistem kontrak yang terbagi menjadi dua (berdasarkan Undang-Undang) yakni PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) dan PKWTT (Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu). Keduanya memiliki perbedaan pada masalah waktu.


Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Seperti halnya outsourcing berikut. Outsourcing juga dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan pada outsourcing adalah yang pertama, dapat menghemat anggaran perusahaan yang memerlukan jasa untuk memberikan pelatihan tenaga kerja.


Yang kedua, dapat mengurangi beban perusahaan yang memerlukan jasa karena semua sudah di handle penyalur tenaga kerja outsourcing. Yang ketiga, perusahaan akan fokus dalam kegiatan bisnis inti.


Sementara kekurangannya yakni terkait informasi-informasi yang dimiliki perusahaan akan rentan mengalami kebocoran bahkan bisa saja dijual ke pihak lain / kompetitor, kontrak kerjanya relatif singkat sehingga menimbulkan kerepotan pihak perusahaan, dan perusahaan biasanya memiliki ketergantungan memanfaatkan tenaga kerja outsourcing.



Apa saja jenis pekerjaan outsourcing ?

Penyalur tenaga kerja outsourcing tidak hanya menyediakan tenaga kerja dengan suatu bidang yang sama. Jika dirujuk pada UU no. 13 Tahun 2003 pasal 65 ayat (2) tentang “ketenagakerjaan” dijelaskan bahwasanya terdapat beberapa jenis pekerjaan yang mana bisa dikerjakan oleh tenaga kerja outsourcing, antara lain :

  • Pekerjaan dilakukan secara terpisah dengan kegiatan yang utama

  • Pekerjaan dilaksanakan dengan perintah langsung maupun tidak oleh si pemberi pekerjaan.

  • Pekerjaan merupakan kegiatan penunjang dari perusahaan.

  • Pekerjaan tidak menyebabkan hambatan pada proses produksi secara langsung.

Dengan demikian kesimpulannya adalah tenaga kerja outsourcing cuma mampu direkrut guna melaksanakan pekerjaan di luar pekerjaan utama perusahaan yang menggunakan jasa mereka.


Adapun pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga kerja dari penyalur tenaga kerja outsourcing adalah sebagai berikut :

  • Tenaga kerja penjaga kebersihan

  • Tenaga kerja di bidang keamanan (security)

  • Tenaga kerja di bidang penyedia makanan (cathering)

  • Tenaga kerja sebagai petugas call center

  • Tenaga kerja di pabrik-pabrik

  • Tenaga kerja supir dan kurir

  • Tenaga kerja facility management (petugas manajemen fasilitas)

Beberapa jenis tenaga kerja outsourcing yang bisa Anda temukan pada penyalur tenaga kerja outsourcing di atas, sangat membantu bagi setiap perusahaan yang memerlukan SDM (Sumber Daya Manusia) tambahan guna menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu.


Sedang membutuhkan tenaga kerja di atas? Atau jenis tenaga kerja yang lain? Sampingan merupakan penyalur tenaga kerja outsourcing yang bisa Anda andalkan! Klik link di bawah untuk informasi lebih lanjut!




Sampingan Logo (3).png

Our Social Media

  • LinkedIn
  • YouTube
  • Facebook

Tempo Scan Tower
32nd Floor Jl. HR. Rasuna Said
Kav. 3-4 Jakarta Selatan 12950

Tel: +62 8121 3162 221

Fax: (+62-21) 2550 2555

Email: support-account@sampingan.co.id

© 2020 Sampingan, PT. All Right Reserved