Usaha Sambilan

Updated: May 4

Usaha sambilan kini adalah sesuatu yang bisa dikerjakan oleh siapapun bahkan anak baru remaja sekalipun. Dengan menjalankan sebuah usaha sampingan seperti ini, Anda membuka peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Suatu negara bisa dikatakan maju dan makmur apabila minimal 2 persen dari penduduknya adalah seorang pengusaha, begitu yang dikatakan oleh sebuah buku hasil penelitian seorang psikolog dari Universitas Harvard.


Yang mengejutkan, ternyata di Indonesia jumlah pengusaha itu sendiri tidak sangat jauh dari 2 persen. Jangankan 2, 1 persen pun tidak. Dari 200 juta lebih penduduk di Indonesia, hanya ratusan ribu saja orang yang menjadi pengusaha. Oleh karena itu, kita harus terus mengembangkan jiwa usaha kita agar dapat memajukan negara ini.


Semakin banyak orang yang membuka usaha sambilan, akan semakin banyak juga lapangan pekerjaan yang tercipta sehingga tingkat pengangguran semakin berkurang. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat akan meningkat juga.


Jika kita perhatikan, kebanyakan para fresh graduate langsung melamar untuk menjadi karyawan atau pegawai kantoran begitu lulus kuliah. Meskipun, gaji yang diberikan juga tidak bisa dibilang besar. Terkadang, malah ada perusahaan yang menggaji karyawan mereka dibawah UMR. Bukankah itu menyedihkan?


Sebenarnya, dengan menjadi karyawan, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba membuka usaha sambilan. Karena, sisa waktu luang setelah pulang kantor masih bisa dipakai untuk menghasilkan uang tambahan.


Sayangnya, sebagian besar karyawan lebih suka menggunakan waktu luangnya untuk bersenang-senang dan menghabiskan uang mereka. Jika Anda ingin tahu mengapa banyak orang yang ingin menjalankan usaha sapingan, berikut adalah sebagian alasannya


Ide yang Kreatif dan Unik

Perusahaan besar yang ada pada saat ini, semuanya juga bermula dari usaha sambilan lho. Tentu saja proses yang dilalui tidak instan. Ketika kita memiliki ide yang unik saat menjalankan bisnis seperti ini, bukan tidak mungkin kalau usaha kita akan menjadi besar di kemudian hari.


Sama seperti Mark Zuckeberg yang awalnya hanya membuat situs pertemanan untuk mahasiswa Harvard. Siapa sangka, Facebook akan menjadi friendster terbesar di dunia


Penghasilan Tambahan

Alasan menjalankan usaha sambilan yang satu ini tidak perlu ditanyakan lagi, ya. Biasanya, orang ingin mendapatkan penghasilan lagi di luar gaji pokok yang sudah didapatkan dari perusahaan tempat ia bekerja.


Bisa jadi untuk kebutuhan yang semakin lama semakin meningkat, atau bisa juga karena ingin menabung untuk liburan dan masa depan. Alasan pribadi setiap orang berbeda-beda.


Persiapan Masa Pensiun

Ada sebagian orang yang sudah memikirkan bagaimana masa depannya kelak ketika sudah saatnya ia pensiun. Meskipun kebanyakan karyawan sudah terjamin masa tuanya oleh perusahaan tempat ia bekerja yang memberikan uang pensiunan.


Bukan uang yang dikuatirkan. Mereka yang sudah terbiasa bekerja setiap hari akan berubah drastis kegiatannya karena masa pensiun. Mungkin, bagi mereka hanya berdiam tanpa melakukan aktivitas itu kurang menyenangkan. Oleh karena itu, dengan adanya usaha sambilan, ada sesuatu yang masih bisa dikerjakan.


Minat Konsumen

Jangan pernah ragu untuk memulai suatu usaha. Namun tips yang pertama adalah pastikan barang/jasa yang Anda jual sesuai kebutuhan pasar.



Peluang bisnis Anda masih besar jika produk yang Anda jual sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, lihat juga tingkat persaingan yang ada pada bisnis sampingan Anda tersebut.


Anda juga bisa memulai dengan menjadi reseller terlebih dahulu. Maksudnya, Anda membeli produk dari produsen lain untuk Anda jual kembali. Ini juga salah satu bisnis usaha sambilan yang cukup menjanjikan.


Demikian artikel mengenai usaha sambilan. Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Jadi, tunggu apa lagi?

0 views

Customer Care

Tel         +62 8121 3162 221
Fax        (+62-21) 2550 2555
Email     support-account@sampingan.co.id

Our Office

Tempo Scan Tower
32nd Floor Jl. HR. Rasuna Said
Kav. 3-4 Jakarta Selatan 12950

  • LinkedIn - Black Circle
  • YouTube
  • Instagram
google-play-badge_edited.png

© 2020 Sampingan, PT. All Rights Reserved