Usaha Sampingan PNS

Usaha Sampingan PNS - Berprofesi menjadi PNS (pegawai negeri sipil) tidak menutup kemungkinan untuk bisa berkreasi dengan membuka sebuah usaha sampingan.

Anda dapat memulai usaha sampingan PNS untuk mengisi waktu senggang. Tidak ada salahnya menjadi seorang PNS sembari menjalankan suatu usaha sampingan. Selain itu, Anda juga bisa menambah penghasilan tanpa harus terus menerus mengandalkan gaji PNS Anda.


Nah, apabila Anda sedang mencari ide usaha sampingan PNS yang tepat, berikut ini Kami akan memberikan rekomendasi usaha sampingan PNS yang bisa Anda coba.


6 Rekomendasi Usaha Sampingan PNS

Ini dia usaha sampingan yang bisa Anda jalankan sebagai seorang PNS:


Usaha Online Shop

Usaha sampingan PNS yang pertama yaitu online shop. Di zaman kemajuan teknologi yang semakin maju saat ini, membuat peluang usaha online shop memberikan peluang yang sangat menjanjikan.


Tidak hanya anak muda yang masih sekolah dan kuliah saja yang bisa menjalankan usaha ini, namun seorang pegawai negeri sipil juga bisa menjalankan usaha sampingan online shop lho.


Anda bisa memulai usaha dengan menjual produk secara online. Misalnya saja menjual pakaian, tas, dan sebagainya. Usaha ini sangat fleksibel untuk dilakukan karena Anda bisa menjalankannnya dimanapun dan kapanpun. Anda bisa memilih metode dropship sehingga tidak perlu menyetok produk.


Hanya dengan modal smartphone yang mempunyai koneksi dengan internet, Anda sudah bisa mempromosikan produk yang dijual. Selain itu, Anda juga dapat mencoba menawarkan produk tersebut kepada rekan kerja di kantor.


Menjual Pulsa dan Paket Data

Bagi Anda yang sedang mencari ide untuk memulai usaha sampingan PNS, menjual pulsa dan paket data menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan. Jaman sekarang, hampir semua orang pasti memiliki handphone untuk berkomunikasi.


Hal itu tentu bisa menjadi peluang bagi Anda sebagai PNS untuk menggunakan peluang usaha berjualan pulsa dan paket data. Untuk memulai usaha ini, modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Selain itu, cara menjalankannya juga cukup mudah.


Membuka Kos-Kosan

Usaha sampingan PNS ketiga yaitu membuka kos-kosan. Jika Anda memiliki modal yang lumayan besar, Anda bisa memulai usaha sampingan ini. Meskipun modalnya besar, tidak usah khawatir karena pendapatan yang akan dihasilkan dari usaha ini juga lumayan lho.


Anda bisa membangun kos-kosan di area tertentu seperti dekat dengan universitas dan sebagainya. Ketika memilih melanjutkan kuliah, banyak mahasiswa yang memilih untuk mengekos. Pilihan pertama Mereka pasti memilih tempat kos yang dekat dengan kampusnya.


Menjadi Blogger

Yang keempat, usaha sampingan PNS yang cukup menguntungkan yaitu dengan menjadi seorang blogger. Terlebih lagi jika Anda memiliki hobi menulis, Anda bisa membuat tulisan yang menarik untuk dijadikan konten di blog.


Selain hobi menulis Anda bisa tersalurkan, menjadi seorang blogger juga mampu menghasilkan uang. Yang terpenting Anda harus konsisten dan sabar.


Membuka Usaha Cathering

Yang kelima, Anda bisa membuka usaha cathering. Untuk menjadi tambahan penghasilan, usaha cathering peluangnya cukup menjanjikan. Terlebih jika Anda adalah seorang PNS, karena tidak jarang di kantor tempat Anda bekerja akan ada sejumlah acara yang memerlukan makanan untuk dihidangkan.


Jika Anda memiliki hobi memasak, Anda dapat membuka usaha cathering. Hobi memasak Anda bisa tersalurkan serta mampu menghasilkan penghasilan tambahan.



Les Privat

Membuka usaha les privat bisa dijadikan usaha sampingan PNS karena Anda bisa melakukannya di luar jam kerja kantor. Anda bisa membuka les privat di rumah Anda misalnya setiap hari minggu.


Anda hanya perlu menentukan les apa yang akan Anda buka. Sebaiknya Anda buka les privat yang sesuai dengan kemampuan Anda. Misalnya Anda memiliki kemampuan bahasa Inggris dan Matematika yang baik, Anda bisa membuka les privat bahasa Inggris atau Matematika.


Demikian 6 rekomendasi usaha sampingan PNS yang bisa Anda coba. Dari 4 usaha sampingan yang sudah dijelaskan diatas, Anda bisa memilih yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda. Yang terpenting usaha tersebut tidak mengganggu profesi Anda sebagai seorang pegawai negeri sipil. Jika perlu daftarlah menjadi reseller sampingan sekarang juga.

2 views

Customer Care

Our Office

  • LinkedIn - Black Circle
  • YouTube
  • Instagram

Tel

Fax

Email

+62 8121 3162 221

(+62-21) 2550 2555

Tempo Scan Tower
32nd Floor Jl. HR. Rasuna Said
Kav. 3-4 Jakarta Selatan 12950

google-play-badge_edited.png

© 2020 Sampingan, PT. All Rights Reserved