Usaha Sampingan untuk Pelajar

Updated: Apr 28

Usaha Sampingan untuk Pelajar - Tugas utama seorang pelajar adalah belajar, tetapi bisa mendapatkan pengalaman wirausaha sejak duduk di bangku sekolah sah-sah saja. Merintis usaha sejak duduk di bangku SMA bisa saja memberikan wawasan baru untuk memulai langkah Anda.

Selepas lulus sekolah, Anda bisa menjadi seorang pebisnis yang sukses atau melakukan usaha disela waktu kuliah. Keren, bukan? Prospek usaha sampingan untuk pelajar yang menguntungkan dan tidak butuh modal banyak adalah bisnis camilan ringan.


Potensi keripik bawang sebagai usaha sampingan untuk pelajar

Keripik bawang merupakan salah satu camilan ringan yang banyak disukai semua orang. Tak hanya orang dewasa saja, anak-anak juga bisa mengkonsumsi camilan satu ini.


Tak hanya cocok dijadikan sebagai camilan ringan, keripik bawang bisa menjadi pilihan lauk saat makan bakso atau makanan lain. Jangan heran kalau keripik bawang memiliki pangsa pasar cukup luas, ya!


Agar usaha sampingan untuk pelajar yang Anda lakukan bisa sukses, lakukan inovasi kekinian terkait camilan ringan ini. Anda bisa membuat keripik bawang dengan bumbu balado, keju atau rasa unik yang lain.


Penambahan saus tomat sangat cocok menjadi pelengkap camilan ringan yang cocok dikonsumsi bersama keluarga saat nonton televisi atau sekadar kumpul bersama. Tak perlu risau, hanya membutuhkan modal tak lebih dari 100 ribu rupiah saja, Anda bisa mencoba usaha sampingan ini.


Analisa perhitungan modal dan keuntungan bisnis keripik bawang

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha kuliner adalah belajar seluk beluk pembuatan keripik bawang. Dewasa ini, Anda bisa memulai usaha sampingan untuk pelajar dengan belajar dari tutorial pembuatan keripik bawang di internet.


Dapatkan resep istimewa di blog kuliner atau akun Youtube masakan. Persiapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat keripik bawang gurih dan renyah. Berikut perhitungan modal bahan yang dibutuhkan:

  • Tepung terigu 1 kilogram seharga 10.000

  • Bawang putih 2 siung x 1000 = 2.000

  • Bawang bombay 1 butir 3.000

  • Mentega 2 ons 13.000

  • Garam secukupnya 1.000

  • Minyak goreng 12.000/ liter

  • Plastik pembungkus 5.000

  • Biaya gas untuk menggoreng 2.000

  • Total modal yang dibutuhkan 48.000 rupiah


Nilai keuntungan yang dihasilkan dari keripik bawang yang menjadi 60 bungkus dengan harga jual 1.000 rupiah dikurangi modal yaitu 60.000-48.000=12.000 rupiah. Coba kalkulasikan berapa nilai keuntungan yang bisa Anda hasilkan kalau mampu memproduksi lebih banyak keripik bawang.


Sebagai pelajar, Anda bisa mencoba usaha sampingan untuk pelajar dengan menitipkan di kantin, warung, menawarkan pada teman atau guru di sekolah, dan masih banyak ide pemasaran yang lain.



Apakah Anda tertarik mencoba peluang usaha sampingan untuk pelajar ini? Semakin banyak pesanan yang Anda terima, semakin besar nilai keuntungan yang dihasilkan. Hal ini dikarenakan harga bahan pokok untuk membuat produk bisa didapatkan dengan harga murah.


Biasanya Anda bisa mendapatkan diskon untuk pembelian bahan pokok dalam jumlah banyak. Jangan lupa untuk mempromosikan usaha Anda sendiri di media sosial yang menjadi ladang penghasilan paling menggiurkan.


Jika masih ragu dalam memulai usaha sampingan sendiri, tidak ada salahnya menjadi reseller untuk produk orang lain. Anda bisa mendapatkan keuntungan untuk setiap barang yang berhasil dijual.


Jika Anda masih bingung mencari ide usaha sampingan untuk pelajar, bisa bergabung bersama reseller sampingan yang telah sukses. Dapatkan penghasilan menarik yang bisa menambah uang saku bulanan Anda, lho! Yuk, ciptakan jiwa wirausaha dan kemandirian sejak usia muda sekarang juga!

0 views

Customer Care

Tel         +62 8121 3162 221
Fax        (+62-21) 2550 2555
Email     support-account@sampingan.co.id

Our Office

Tempo Scan Tower
32nd Floor Jl. HR. Rasuna Said
Kav. 3-4 Jakarta Selatan 12950

  • LinkedIn - Black Circle
  • YouTube
  • Instagram
google-play-badge_edited.png

© 2020 Sampingan, PT. All Rights Reserved